Oleh: sunyonoms | Agustus 4, 2013

BAGAIMANA MERUMUSKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIDANG STUDI KIMIA (KURIKULUM 2013) ?

Esensi dari Kurikulum 2013 adalah keseimbangan antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Dalam hal ini sikap harus menjadi dasar utama yang menyelimuti keterampilan dan pengetahuan, dalam arti sikap harus dapat memandu keterampilan dan pengetahuan. Bagaimana dalam implementasi pembentukan sikap tersebut? Dalam proses perancangan RPP dan pelaksanaan pembelajaran di kelas, sikap diintegrasikan dalam aktivitas keterampilan dan pengetahuan. Sikap yang dimaksud meliputi sikap spiritual dan sikap sosial.
Dalam Kurikulum 2013, standar kompetensi lulusan (SKL) dirumuskan ke dalam tiga domain di atas, yaitu (1) sikap dan prilaku (meliputi: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan); (2) keterampilan (meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta); dan (3) pengetahuan (meliputi: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi).

Berdasarkan SKL tersebut, dirumuskan kompetensi inti (KI) dan dari KI diturunkan ke dalam kompetensi dasar (KD). Kompetensi inti tersebut meliputi, yaitu kompetensi inti 1 (KI 1) tentang sikap spritual, kompetensi inti 2 (KI 2) tentang sikap sosial, kompetensi 3 (KI 3) tentang pengetahuan, dan kompetensi 4 (KI 4) tentang keterampilan. Oleh sebab itu, urutan kompetensi inti dalam Kurikulum 2013 adalah sikap spritual (KI-1), sikap sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4). Meskipun urutan KI tersebut seperti itu, namun dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran hendaknya dimulai dari KI-3 menuju KI-4. Keterampilan hanya dapat dibangun dengan hasil yang baik melalui pengetahuan (pelukis, penyanyi, olahragawan pasti memiliki pengetahuan yang memadai tentang keterampilan yang ditekuninya). Keterampilan yang tidak melalui proses pengetahuan (KI-3) tidak akan menghasilkan karya yang baik (Materi Sosialisasi Implementasi Kurikulm 2013, slide 8). Dalam proses perolehan pengetahuan dan keterampilan, sikap diintegrasikan sehingga seluruh mata pelajaran diorientasikan memiliki kontribusi terhadap pembentukan sikap. Selanjutnya dari KI 4 berlanjut ke KI 2, kemudian KI 1). Dengan demikian, dalam proses perancangan (menyusun RPP) dan pelaksanaan pembelajaran di kelas, alur yang digunakan adalah diawali dengan KD dari KI-3 menuju KD dari KI 4 dan selanjutnya memberikan dampak terhadap terbentuknya KD pada KI-2 dan KD pada KI-1.

Sebagai bekal teman-teman dalam menyongsong Kurikulum 2013, saya akan mencoba mengimplementasikan Kurikulum 2013 ke dalam bentuk RPP untuk mata pelajaran peminatan bidang Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, khususnya Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Sebagai contoh saya ambil Mata Pelajaran Kimia Kelas X untuk KD 3.11 (artinya KD 11 dari KI 3). Sebelum saya memberikan uraian dan contoh cara menyusun RPP pada bidang studi kimia kelas X, saya sampaikan lebih dahulu kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) kelas X yang saya ambil dari Salinan Lampiran Permendikbud No. 69 Tahun 2013, halaman 164 – 166 (silahkan download pada link di bawah).

Pembahasan teknik penyusunan RPP yang saya uraikan berikut ini adalah hasil interpretasi saya terhadap Dokumen Kurikulum 2013 dan perangkatnya, serta hasil dari sosialisasi dan workshop implementasi Kurikulum 2013 yang diselengggarakan selama 2 hari (tanggal 2 – 3 Agustus 2013) di Aula K FKIP Universitas Lampung. Dengan demikian, jika ada kekeliruan atau kekurang tepatan dalam menyajikan pembahasan dan contoh, mohon masukannya via email: sunyono_ms@yahoo.com, atau silahkan dikomentari, dengan rasa senang, saya sangat mengharapkannya.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia Kelas X (Kurikulum 2013)

Kompetensi Inti 1 (KI 1): Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Dasar (KD 1.1):
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.

Kompetensi Inti 2 (KI 2): Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi Dasar (KD):
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Kompetensi Inti 3 (KI 3): Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
3.2 Menganalisis perkembangan model atom.
3.3 Menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
3.4 Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
3.5 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.6 Menganalisis kepolaran senyawa.
3.7 Menganalisis teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron) untuk menentukan bentuk molekul.
3.8 Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
3.9 Menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi serta menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
3.10 Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
3.11 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

Kompetensi Inti 4 (KI 4): Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan..
4.2 Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
4.3 Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
4.4 Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
4.5 Mengolah dan menganalisis perbandingan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul)materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
4.6 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan kepolaran senyawa.
4.7 Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron).
4.8 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit.
4.9 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi oksidasi-reduksi.
4.10 Menalar aturan IUPAC dalam penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
4.11 Mengolah dan menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

Contoh Penyusunan RPP Kimia Kelas X
Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah rambu-rambu penyusunan RPP. Anda tidak perlu berdebat masalah format, namun yang harus diperhatikan adalah aspek-aspek apa saja yang harus ada dalam RPP. Untuk rambu-rambu penyusunan RPP silahkan download pada link di bawah.

LANGKAH 1:
Setelah Anda menuliskan: identitas Sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, dan alokasi waktu. Kumidian, kita tentukan KD dari KI 3 (pengetahuan), bisa kita ambil dari silabus atau salinan Lampiran Permendikbud No. 69 Tahun 2013. Berdasarkan KD dari KI 3 tersebut, kita coba kaitkan dengan keterampilan apa yang harus dicapai oleh siswa dengan melihat KD dari KI 4 yang sesuai, selanjutnya melalui KD dari KI 3 dan KD dari KI4 kita kaitkan sikap apa yang dapat dibentuk melalui pembelajaran (lihat KI 2 dan KI 1). Untuk memudahkan kita lihat dulu KD dari KI 2 (sikap sosial), lalu kita pilih KD dari KI 2 tersebut yang sesuai. Jika pembelajaran tersebut mengandung atau dapat dikaitkan dengan sikap spiritual, maka kita perlu mengambil KD dari KI 1 untuk dapat dicapai oleh siswa (dalam hal ini, jika dari KD KI 3 dan KI 4 tidak dapat dikaitkan dengan sikap spiritual, maka tidak perlu dipaksakan ada KI 1). Selanjutnya, urutkan sesuai dengan urutan KI dalam penulisan di RPP, yaitu dimulai dengan KD dari KI 1 (jika ada), KD dari KI 2, KD dari KI 3, lalu KD dari KI 4. Selanjutnya dari KD-KD tersebut kita turunkan ke dalam indikator2 ketercapaian kompetensi.

Untuk lebih memudahkan dalam merumuskan indikator apakah sesuai dengan KD yang telah ditetapkan atau tidak, sebaiknya setelah kita menetapkan KD kita rumuskan indikatornya. Perhatikan contoh berikut:

Contoh: Salah satu KD (kompetensi dasar) dari KI 3:
3.11 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

Lalu kita rumuskan indikatornya (berikut hanya contoh, bisa Anda kembangkan lagi atau di sesuaikan dengan kebutuhan siswa Anda):
• Menentukan massa atom relatif unsur
• Menentukan massa molekul relatif/massa rumus relatif suatu senyawa
• Menjelaskan arti persamaan reaksi
• Menentukan koefisien reaksi dalam suatu persamaan reaksi
• Menyetarakan persamaan reaksi
• Menginterpretasikan gambaran reaksi kimia pada level submikroskopik
• Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya hukum kekekalan massa (Hukum Lavoisier)
• Membuktikan berlakunya hukum perbandingan tetap (Hukum Proust) melalui perhitungan.
• Membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Hukum Dalton) melalui perhitungan
• Menentukan perbandingan atom-atom penyusun molekul/senyawa.
• Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya hukum perbandingan volum (Hukum Boyle-Gay Lussac).
• Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya hipotesis Avogadro
• Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro.
• Menjelaskan satuan mol sebagai satuan jumlah zat.
• Mengkonversi jumlah mol dengan massa, jumlah partikel, dan volume dari suatu zat.
• Menemukan hubungan antara koefisien reaksi, volume gas, dan jumlah partikel gas.
• Menentukan pereaksi pembatas.
• Menghitung jumlah zat yang terlibat dalam suatu reaksi berdasarkan data-data eksperimen.
• Menentukan rumus molekul suatu zat berdasarkan analisis komponen penyusun zat tersebut.
• Menentukan persen hasil reaksi

Jika Anda lihat indikator yang saya rumuskan di atas, barangkali Anda berpikir… Waduh… banyak amat…!!! Anda tidak perlu pusing, karena indikator tersebut untuk satu KD dari KI 3, artinya bisa digunakan untuk beberapa kali pertemuan (tergantung alokasi waktu yang telah Anda tetapkan berdasarkan analisis KI/KD). Bahkan, kemungkinan indikator tersebut masih dapat dikembangkan lagi oleh Anda, atau Anda dapat saja menyesuaikan dengan kebutuhan siswa Anda dan yang paling penting adalah ketercapaian kompetensi (KD dan KI).

Baiklah…., sebagaimana saya sampaikan di atas bahwa saya ingin memberikan contoh menyusun RPP untuk satu kali pertemuan (pertemuan ke-2 dengan materi pokok hukum-hukum dasar kimia). Dalam hal ini KD dari KI 3 dan indikatornya adalah:

Kompetensi Dasar (dari KI 3):
3.11 Menerapkan konsep massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
• Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya hukum kekekalan massa (Hukum Lavoisier)
• Membuktikan berlakunya hukum perbandingan tetap (Hukum Proust) melalui perhitungan.
• Membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Hukum Dalton) melalui perhitungan
• Menentukan perbandingan atom-atom penyusun molekul/senyawa.
• Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya hukum perbandingan volum (Hukum Boyle-Gay Lussac).
• Menemukan hubungan antara tekanan, suhu, dan volume dari suatu gas pada keadaan tertentu.
• Menafsirkan data percobaan untuk membuktikan berlakunya hipotesis Avogadro
• Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro.

Berdasarkan KD 3.11 dan indikatornya di atas, kita dapat mengkaitkan dengan KI 4 (keterampilan) dan KD 4.11, lalu kita rumuskan indikatornya.

Kompetensi Dasar (dari KI 4):
4.11 Mengolah dan menganalisis data terkait massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator:
• Mengolah data percobaan atau inmformasi, sehingga mampu membuktikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia dalam setiap proses perubahan kimia.
• Menganalisis data percobaan atau informasi, sehingga dapat menentukan perbandingan atom penyusun molekul/senyawa dan menentukan volume gas yang terlibat dalam suatu reaksi kimia.

Langkah berikutnya adalah kita tetapkan KD dari KI 2 dan KI 1 yang dapat dibentuk melalui pembelajaran KD dari KI 3 dan KI 4 tersebut. Dalam hal ini, sikap yang dapat dibentuk dalam pembelajaran adalah sesuai dengan KD 2.1 (dari KI 2) dan KD 1.1 (dari KI 1).

Kompetensi Dasar (dari KI 2):
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
Indikator:
• Rasa ingin tahu
• Jujur dalam menggunakan data percobaan untuk membuktikan suatu hukum dasar kimia (menggunakan data apa adanya dan hasilnya sesuai dengan data percobaan).
• Teliti dalam mengolah dan menganalisis data (melakukan pembuktian hukum dasar kimia secara runut dan konsisten terhadap langkah-langkah serta kebenaran hasil).
• Ulet dalam mencari sumber pengetahuan yang mendukung penyelesaian masalah (dapat menyelesaikan masalah secara runut dari awal hingga akhir dengan langkah-langkah yang benar).

Kompetensi Dasar (dari KI 1):
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
• Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
• Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik bagi kita.

LANGKAH 2:
Setelah kita menetapkan KD dan indikator untuk KI 3, KI 4, lalu KI 2, dan KI 1, kemudian kita tuliskan di RPP dengan mengurutkan dimulai dari KI 1 sampai KI 4. Selanjutnya, rumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan indikator di atas (utamakan dulu indikator dari KD pada KI 3). Berdasarkan indikator dari KD pada KI 3 kita dapat mengintegrasikan indikator dari KI yang lain dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Perlu diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran, hendaknya menggunakan kaidah a (audien), b (behavior), c (condition), dan d (degree), bukan hanya menambahkan kata “siswa dapat” pada indikator. Perhatikan contoh berikut ini:

Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengamati kegiatan demonstrasi atau percobaan, secara mandiri siswa dapat membuktikan berlakunya hukum kekakalan massa (Lavoisier) secara teliti dan jujur .
2. Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri siswa dapat membuktikan berlakunya hukum perbandingan tetap (Proust) dengan teliti dan jujur.
3. Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri siswa dapat membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (Dalton) dengan teliti dan jujur.
4. Setelah bereksplorasi tentang hukum Lavoisier, Proust, dan Dalton, secara mandiri siswa dapat menentukan perbandingan atom-atom penyusun molekul atau senyawa dengan benar.
5. Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri siswa dapat membuktikan berlakunya hukum perbandingan volume (Boyle-Gay Lussac) dalam suatu proses perubahan kimia dengan teliti dan jujur.
6. Setelah bereksplorasi tentang hukum perbandingan volum, secara mandiri siswa dapat melakukan perhitungan tentang hubungan tekanan, suhu, dan volume gas dengan benar.
7. Diberikan data-data tentang keadaan gas, secara mandiri siswa dapat membuktikan berlakunya hipotesis Avogadro dengan teliti dan jujur.
8. Melalui latihan dan diskusi, siswa dapat menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac dan Avogadro dengan benar.
9. Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet, dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan individu.
10. Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME dan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia melalui kegiatan demonstrasi, mengamati tayangan video atau animasi, dan kegiatan latihan kelompok/individu yang imajinatif.

LANGKAH 3: Menetapkan materi pembelajaran, pendekatan/metode pembelajaran, media, dan sumber pembelajaran.
Dalam menetapkan pendekatan/metode pembelajaran, Kurikulum 2013 menekankan penerapan pendekatan scientific (meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran) (Sudarwan, 2013). Komponen-komponen penting dalam mengajar melalui penggunaan pendekatan scientific (McCollum : 2009) adalah
• Menyajikan pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder),
• Meningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation),
• Melakukan analisis (Push for analysis) dan
• Berkomunikasi (Require communication)

LANGKAH 4: Menetapkan langkah-langkah pembelajaran (skenario pembelajaran) sesuai dengan pendekatan, strategi, dan metode yang dipilih.
Misalnya dalam RPP yang dicontohkan berikut ini:
Pendekatan : scientific
Model : SiMaYang (Berbasis Multipel Representasi)
Strategi : Kolaboratif & Kooperatif
Metode : demonstrasi, diskusi, latihan, dan penugasan.

LANGKAH 5 (TERAKHIR): adalah merumuskan penilaian terhadap hasil pembelajaran yang meliputi penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
Hasil RPP yang dirumuskan dapat Anda download pada link di bawah, tapi ingat ini hanyalah contoh yang coba saya rumuskan berdasarkan hasil workshop selama 2 hari di FKIP Unila. Jika kurang baik, bisa Anda sempurnakan, dan jika sudah baik silahkan dijadikan acuan.

Silahkan download beberapa dokumen berikut:
1. 07. B. Salinan Lampiran Permendikbud No. 69 th 2013 ttg Kurikulum SMA-MA
2. Bahan Sosialisasi ## IMPEMENTASI KURIKULUM 2013.
3. 3.1.1 Rambu-Rambu Penyusunan RPP Rev
4. CONTOH RPP KIMIA KLS X Pertemuan_2 Kurklm 2013
5. 08. Permendikbud Nomor 70 ttg Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK

6. CONTOH LKS Hukum Dasar Kimia_1


Responses

  1. Trimks atas info nya pak, info dan penjlsan selanjutnya sangat kami nantikan agar kami semakin paham akan Kurikulum 2013

    • Ya sama2… Mudah2an bermanfaat buat teman2 guru kimia… dan mudah2an siap menyambut diberlakukannya kurikulum 2013.

  2. Pak, apakah KI dan KD untuk SMA sma atw tdk dgn SMK. Mohon bantuannya pak. Terimakasih,:-)

    • Rose… KI dan KD antara SMA/MA dan SMK/MAK tidak sama, silahkan di download saja Permendikbud No. 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MAK, barusan sudah saya upload pada link di atas.

  3. terimakasih pak, ini sangat berharga,,karna skolah saya tanggal 12 agustus mulai menerapkan kurikulum 2013 ini,

    • Terimakasih telah berkunjung… semoga tulisan saya bermanfaat…
      Sukses selalu…

  4. terima kasih banyak Pak untuk artikelnya, setelah lama mencari artikel2 tentang kurikulum 2013, artikel bapak yang paling membantu…

    • Terimakasih sdri Yusmini… telah berkunjung… semoga posting2 blog saya bermanfaat…. sukses ya…

  5. Terimakasiih :), sangat bermanfaat

    • Terimakasih sdri Anneizzah… semoga bermanfaat…

  6. terimakasih banyak pak..
    sangat membantu..

    • Terima kasih pak tulisan bapak dapat kami gunakan insyaAllah bermanfaat

      • Sama-sama sdri Sakraahumini… Terimakasih telah berkunjung di blog saya… semoga mendapatkan informasi yang diperlukan.

    • Sama-sama sdri Arvina… Terimakasih juga telah berkunjung Semoga tidak bosan mengunjungi blog saya.

  7. Wah, penjelasannya mudah dimergerti, contohnya juga.
    Terimakasih byk , Pak!
    Ini benar2 membantu saya, calon guru kimia yg lg belajar buat rpp dgn kurikulum 2013
    hehehe :-D

    • Terimakasih telah berkunjung Aulia… Semoga bermanfaat ya…

  8. Terima ksh banyak, telah menambah informasi bagi kami khususnya yang bertugas di ujung timur wilayah RI agar tidak ketinggalan dlm mengikuti perkembangan dunia pendidikan kita

    • Sama2 pak Roewijadi… Terimaksih juga telah berkunjung… Semoga tulisan saya dapat bermanfaat dan berbagi pengalaman… Salam untuk teman2 di wilayah Timur Indonesia. Selamat berjuang ya pak… Sukses selalu….

  9. Reblogged this on Blog Guru Kimia Borneo and commented:
    Ini adalah kebutuhan mendesak buat rekan guru kimia, menyongsong kurikulum 2013. Walaupun kurikulum 2013 masih banyak lubang yang harus ditambah, kita tentu tetap harus berpikir positif dan menyimak serta mengkritisinya.

  10. Pak, apa untuk SMK masih tetap ada mapel kimia atau dihapus

    • Silahkan langsung lihat saja struktur kurikulum SMK pada Permendikbud Nomor 70 ttg Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK, dapat di download pada link di atas.

  11. Reblogged this on solehudin3970.

  12. Terimakasih pak, artikel Bapak sangat membantu. Pak boleh nanya iya ….
    mohon penjelasannya mengenai instrumen dan rubrik penilaian keterampilan untuk KD 4 dalam KI 4
    Makasih pak…. salam sukses…

    • Sama-sama, saya juga terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Baik nanti saya coba rumuskan rubriknya ya…

    • KD.4.4 (dari KI 4) adalah “menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur”.
      Keterampilan yang bisa dilatihkan disini adalah yang soft skill bukan hard skill. Salah satu keterampilan soft skill adalah keterampilan berpikir, baik keterampilan berpikir kritis maupun keterampilan berpikir kreatif, atau bisa juga keterampilan pemecahan masalah. Untuk membuat rubriknya (pedoman penilaiannya) harus beracuan pada indikator yang dirumuskan untuk KD 4.4 tersebut. Baiklah, nanti saya coba memberikan contoh indikator, dan penilaiannya (rubriknya). Tunggu saja nanti saya upload…

  13. Tolong dong diberikan contoh RPP Kimia kelas X untuk SMK, biar saya bisa mempelajarinya, terima kasih…

    • Ya, Insya Alloh akan saya coba. Tunggu saja ya, segera saya upload…

  14. Reblogged this on Blogirham.

  15. […] kurikulum 2013 untuk bidang studi Kimia SMA/MA. Sebagaimana saya uraikan pada tulisan sebelumnya (disini) bahwa esensi dari kurikulum 2013 adalah pembentukan sikap (KI 1 dan KI 2) melalui integrasi […]

  16. terima kasih Pak, sangat bermanfaat

    • Sama-sama… terimakasih juga telah berkunjung ke blog saya…

  17. sangat saya tunggu bapak bisa mengajar kami di mata kuliah pembelajaran…… misal telaah/perancangan/metodologi .. sya sendiri sangat berkeinginan untuk dapat mempelajari metode pemb. SiMaYang :)

    • Terimakasih atas kunjungannya… Insya Alloh…
      Jika ingin mempelajari model SiMaYang silahkan beli bukunya melalui penerbit Aura alamatnya ada di dekat BNI Unila (foto copy Aura). Dalam buku itu sudah lengkap dengan sintak dan petunjuk pelaksanaan pembelajarannya. Silahkan dipelajari…!

  18. Trima kasih, tulisan yang sangat bermanfaat. meski sekolah saya baru tahun depan menerapkan tapi sangat bermanfaat buat persiapan. Salam kenal Pak.

    • Terimakasih juga telah berkunjung di blog saya… Alhamdulillah jika tulisan saya bisa bermanfaat… Amin…

  19. Alhamdulillah pak infonya sangat berharga sekali, sekolah sy belum menggunakan kurikulum 2013 tapi sy sdh byk belajar dr informasi yg pak nyono berikan..thanks byk ya pak nyono..

    • Terimakasih Rini atas kunungannya di blog saya…. Sering-sering berkunjung ya….

      • Okee pak nyono.. Salam buat pak nyono dari sy dan tati, klo reuni lagi kabari ya pak..

  20. Iya Rini… sudah diumumkan di fb… coba buka group Alumni Pend. kimia Unila. Tati apa kabarnya? Dia sekarang agak sombong ya Rin, berkali-kali saya telpon ga diangkat, di sms ga dibalas, kirim pesan via inbox juga ga di balas… hehehehe…. Padahal waktu itu saya ada perlu dan penting…

    • Tati sering telp saya kok pak, dia sering nyuruh saya ke karang n nginep tp dia, mungkin dia gak tau klo bpk yg nelp..oya pak mb titin jg sering telponan jg ma sy..nanti sy bilangin ama tati n mb titin ya pak..kami semua sering ngomongin pak nyono kok hehe..kami kangen ma pak nyono

      • Hehehehe… terimakasih ya Rin….

  21. trima ksih pak ats info kimia krikulm 2013.

  22. pak saya masih bingung menetukan KD dari KI-2.misalnya utk materi larutan elektrolit dan non elektrolit. KD dari KI-2 mana yang tepat digunakan. atau boleh kah bapak simpulkan, KD dari KI-2 itu untuk materi mana saja. 2.1 utk materi apa, 2.2 utk materi apa, 2.3 utk materi apa. ohya yang saya maksud di sini untuk kimia kelas X. terimakasih pak…

  23. Info yang menarik. Kami menyediakan Buku Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dll, SMA-MA Kelas X (Peminatan)
    Kurikulum 2013. Untuk informasi pemesanan buku bisa menghubungi P. Heri di HP/WA: 081227992609
    atau lihat di bukupelajarankurikulum2013.blogspot.com

  24. ✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴ pak info sangat berguna bagi saya. Τάρϊ ªđª ä ♏åΰ sy tanyakan, kira2 ªđª Ъќ sih permasalahan sr artikel bpk ini ä bs diangkat utk djadikan skripsi. Kebetulan sy pend matematika.

    • Terimakasih Zulfa, mhn maaf karna baru buka blog, maka komentar Anda baru bisa saya balas. Untuk artikel-artikel saya sebagian saya upload di blog ini, silahkan Anda download. tetapi jika Anda menginginkan artikel yang lain. Insya Allah, saya akan membantu. Saya jarang membuka blog, karena itu silahkan kirim email atau jika memiliki fb silahkan add saya di fb: https://www.facebook.com/sunyono.won.
      Terimakasih.

  25. assalamu’alaikum wr.wb.
    pak alhamdulillah kami alumni p.kimia UNILA ada 4 orang yg PPG di UNJ. semester ini sudah dimulai dengan workshop2. maksud hati kami ke depannya jika kami mengalami kendala dalam tugas2 workshop kami mohon bimbingan bapak.
    kami:
    Anindya P. Hapsari
    Teresa E. Bangun
    Yuyun D. Kartika
    Edi Riyanto
    Diki A. Efendi(PPG UPI)

  26. assalammualaikum, pak saya mahasiswi pendidikan kimia universitas negeri jakarta. saya telah melihat contoh RPP yang bapak buat mengenai hukum-hukum dasar kimia. yg ingin saya tanyakan, apakah bapak bisa memberikan penggambaran bagaimana format dari LKS 1, LKS , dan LKS 3? berhubung saya masih dalam proses belajar untuk menjadi guru yg baik. terima kasih sebelumnya dan sukses selalu buat bapak

    • Terimakasih sudah berkunjung… Maaf, sangat terlambat meresponnya. Untuk LKS formatnya biasa saja seperti LKS-LKS lain, tetapi isinya disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun. Contoh LKS, silahkan Anda download di link di atas (Baru saya upload buat Anda).

  27. Trims pak sangat berguna

  28. Apakah urutan KD bisa dibolak-balik? misalnya KD 3.11 dan 3.12 di diajarkan setelah KD 3.3

    • Pak Edi, kalo saya baca dari dekripsi kurikulum 2013, tidak ada keterangan bahwa KD-KD tersebut harus diajarkan sesuai urutan yang ada di struktur kurikulum. Jadi menurut saya, boleh-boleh saja urutannya di bolak-balik. Asalkan itu sudah dikaji secara mendalam dan didiskusikan dengan teman (MGMP) atau oleh teman yang sudah sangat berpengalaman atau oleh ahlinya. Yang terpenting adalah ketercapaian kompetensi (sikap, keterampilan, dan pengetahuan).

  29. assalam,,,, apa kbr pa…. tx y…tulisan-tulisn bpk bnar2 mantabbbb…..

  30. as, maju terus pak, km butuh pemikiran2 bapak.dr mahasiswa bapak ang’99 penyetaraan kimia

  31. […] sunyonoms.wordpress.com […]

  32. thank u so much….its helpfull

  33. trims artikelnya memberikan pencerahan bagi pemula seperti sya….

  34. Trimakasih bnyak bapak… sempet kaget gak tau nya postingan dosen sendri.. hehe

    • Terimakasih sdh berkunjung

  35. Aslm pak Nyono. Saya maya alumni Pend. Kimia Unila 1997. Sekarang saya sudah mengajar di Jakarta. Terima kasih atas infonya mengenai penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum 2013. Infonya sama seperti yang saya dapatkan dari workshop.

    • Oh ya, selamat ya… semoga sukses dan bisa menjadi guru yang baik. Terimakasih sudah berkunjung.

  36. PAK SAYA BOLEH MINTA CONTOH RPP K13 UNTUK KELAS XI

  37. kenapa tidak di upload saja rpp kimia kurikulum untuk kelas x dan xi biar kami guru daerah jauh bisa mengdownload dan memudahkan kami

    http://www.yasirmaster.blogspot.com

    • Terimakasih… sementara hanya contoh saja. Selanjutnya silahkan dikembangkan sendiri, supaya lebih inovatif dan kreatif bergantung dari kondisi sekolah masing2.

  38. yang butuh kurikulum 2013, boleh singgah di :

    http://silabusrppsma2013.blogspot.com/2014/07/silabus-dan-rpp-sma-2013.html

  39. Terimakasih pak.. Ini sgt bermanfaat..

    • Terimakasih… sama2.

  40. […] sunyonoms.wordpress.com […]

    • Terimakasih… sama2

  41. Pak lihat yg kls XI dunk…

  42. terimakasih pak tulisan bpk. bermanfaat untuk saya dan murid saya

    • Terimakasih, sama2 bpk Mufadhol

  43. ass….pa, trima ksih ,blog bpa sngt membantu sya, sampe skrang sya blum mnyusun rrp kimia karena blum d sosialisasikan d sekolah sya…..salam, ibu wati -ureng-ambon

    • Sama2 bu Ratna arwati, salam kenal…

  44. trima kasih pak … njenengan sangat membantu saya n teman2 di skul saya

    • Terimakasih ibu Astie, semoga bermanfaat dan sukses selalau….

  45. terima kasih bapak. blog bapak sangat membantu saya memahami k13

    • Sama2 sdri Lina, sukses ya…

  46. Trimakasih artikelnya, kami tunggu posting2 kimia yang lain

  47. Mantap nih infonya, makasih banyak, sungguh sangat bermanfaat :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: