Oleh: sunyonoms | Desember 11, 2012

MATEMATIKA DAN KIMIA

Kimia tanpa matematika rasanya ibarat sayur tanpa garam, tidak mungkin kimia akan bisa berkembang seperti sekarang ini. Begitu pula, matematika tanpa adanya kimia, rasanya kok sia-sia, kalo setiap hari hanya menghitung nilai X tanpa makna. Dalam hal ini, kimia akan memberi makna pada matematika. Jadi sangat tidak logis jika kimia merasa tidak perlu matematika, sebaliknya juga sangat ironis jika matematika merasa tidak perlu kimia. Perhatikan kisah cerita konyol berikut ini…. (Boleh tertawa)….

Pada suatu malam, di teras rumah yang mungil dan indah serta ditemani sinar rembulan yang memancarkan sinarnya begitu menyejukkan, terjadilah perbincangan seru antara dua insan (ayah dan anak bernama Clara). Sang ayah, telah memahami bahwa anaknya sudah dewasa dan telah memiliki pasangan yang cocok buat berumah tangga dan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrohmah. Dalam perbincangan itu, sang anak menanyakan pada ayahnya begini:

Clara: “Ayah, apakah ayah setuju klo Clara menikah dengan Heru (sang pacar)?, terus gmn menurut ayah, apakah Heru bisa membahagiakan Clara kelak…?”
Ayah: “Clara anakku, setiap orang yang akan memadu kasih dengan pasangannya, dan supaya langgeng dalam perjodohan, maka harus ada chemistry-nya (kimia-nya). Ayah liat, kalian berdua sudah ada sentuhan chemistry-nya kok…. Hehehehehe…..Nah klo sudah begitu…… .”
Clara: “lalu apa ayah….!, memang Clara udah ngerasa chemistry itu ada pada kami berdua, jadi kami jodoh ya ayah dan kami bisa bahagia nantinya, kan ayah….
Ayah: Clara, klo kalian berdua sudah benar-benar serius menjalin hubungan, maka yang paling penting supaya chemistry itu tetap terjaga, harus ada kalkulasinya….. Dalam hal ini, ayah menyarankan letakkanlah pondasi matematika pada diri kalian berdua, jadikan matematika seiring dengan chemistry kalian……. Insya Alloh nak, chemistry kalian akan kokoh sampe kaken-kaken… ninen…ninen…..

Hhuahahahahahaha……… bener tuh sang ayah, kimia tanpa matematika ibarat mimpi disiang hari (meraba-raba, ga tahu apa yg diraba…..hehehehehe…..). Tapi matematika engga ada kimia, sama aja …. Nganggur… deh……. Kwkwkwkwkwkwk……

Mari kita kaji sedikit saja konsep-konsep matematika yang diperlukan dalam pengembangan ilmua kimia. Baca link berikut: KONSEP MATEMATIKA PADA PEMBAHASAN kIMIA.


Responses

  1. semoga menjadi sumber inspirasi pak… terutama bagi para pendidik agar lebih bisa mengaktualisasikan kimia dalam kehidupan… bukan sekedar teori dikelas

  2. […] Source : https://sunyonoms.wordpress.com/2012/12/11/matematika-dan-kimia/ […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: