Oleh: sunyonoms | September 20, 2013

MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 MELALUI EKSPERIMEN/DEMONSTRASI SEDERHANA

EKSPERIMEN/DEMONSTRASI SEDERHANA: “PEMBAKARAN WOL BESI” SEBAGAI LANGKAH PEMBELAJARAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

BY: SUNYONO

Topik : Reaksi kimia – peningkatan massa pada kombinasi kimia.
Waktu : 5 menit
Level : Pengantar Kimia
Deskripsi: Wol besi dipanaskan melalui alat keseimbangan sederhana berupa ‘jungkat-jungkit,’ sehingga penambahan massa dapat ditunjukkan.

Alat-alat: 1. Pembakar Bunsen
2. Tatakan (alas) tahan panas.
3. Mistar dari kayu (100 cm)
4. Potongan aluminium foil berukuran sekitar 10 cm x 10 cm
5. Beberapa gram plasticin

Bahan Kimia: Untuk satu kali demonstrasi memerlukan sekitar 4 gram wol besi/baja.

Metoda: Lapisi ujung kiri mistar (sekitar 10 cm) dengan aluminium foil untuk melindungi kayu dari api bunsen. Ambil sekitar 4 gram wol baja/besi, biarkan sejenak agar wol baja/besi terkena udara selnjutnya taruh wol baja/besi tersebut pada ujung mistar yang telah dilapisi dengan aluminium foil. Beberapa helai wol besi akan menempel cukup baik. Setimbangkan mistar pada ujung pisau yang sesuai dengan tanda tepat pada titik 50 cm atau tengah-tengah (Lihat gambar). Pada ujung mistar lain (ujung lawannya / kanan) tempatkan beberapa gram plasticin sampai mistar miring ke kanan. Perlu dicatat dan ini penting, tempatkan alas tahan panas di bawah ujung mistar yang berisi wol besi/baja.

GBR Pembakaran Wol Besi
Panaskan wol besi langsung dengan api bunsen. Lihat wol besi akan bersinar (membara) dan beberapa potongan bara dari wol akan jatuh ke alas tahan panas. Panaskan selama sekitar satu menit sampai kesetimbangan mistar kayu akan berubah dimana ujung yang berisi wol besi/baja yang telah terbakar akan turun bawah, sehingga mistar miring ke kiri.

Tip dalam Pembelajaran: Sebelum pemanasan/pembakaran atau pada saat pemanasan/pembakaran, mintalah pada siswa Anda untuk memprediksi apakah berat wol besi akan bertambah, berkurang, atau tetap sama dengan semula.
Percobaan sederhana ini dapat dilakukan untuk membantu Anda dalam mengajarkan topik reaksi kimia atau topik reaksi oksidasi-reduksi melalui pendekatan saintifik (scientific approach), sebagaimana direkomendasikan dalam kurikulum 2013. Pendekatan ini menghendaki adanya lima pengalaman belajar pokok (5M) yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan.

Selamat mengajar dengan pembelajaran yang manarik dan menyenangkan…!!!
Bravo…!!! Guru Kimia…!!!


Responses

  1. […] percobaan-percobaan sederhana, sebagai contoh lihat post saya sebelumnya (percobaan sederhana: Pembakaran Wol Besi). Pelaksanaan pembelajaran kimia dengan mengintegrasikan sikap (karakter), keterampilan, dan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: