Oleh: sunyonoms | September 21, 2013

BERGUMAM: BINGUNG DENGAN KURIKULUM 2013, MESKIPUN TELAH MENGIKUTI PELATIHAN…

Akhir-akhir ini para praktisi pendidikan ramai membicarakan kurikulum 2013, tentu saja yang dibicarakan adalah implementasinya di lapangan. Pada tulisan ini, saya hanya ingin berbagi dan mengajak diskusi dengan teman-teman guru tentang penerapan kurikulum 2013 untuk bidang studi Kimia SMA/MA.
Sebagaimana saya uraikan pada tulisan sebelumnya (disini) bahwa esensi dari kurikulum 2013 adalah pembentukan sikap (KI 1 dan KI 2) melalui integrasi pembelajaran pengetahuan (KI 3) dan keterampilan (KI 4). Ini yang sering dilupakan oleh beberapa pendidik bahkan instruktur. Kenyataan ini dapat dilihat salah satunya dari cara mereka menyusun perencanaan pembelajaran (RPP). Hasil pengamatan penulis pada beberapa guru (dalam hal ini adalah kimia) memperlihatkan bahwa teman-teman masih belum memahami dengan benar esensi kurikulum 2013, dimana RPP yang disusun masih memprioritaskan pengetahuan (KI 3) dan keterampilan (KI 4), bahkan sikap (KI 1 dan KI 2) tidak terlihat sama sekali dalam RPP. Jika ini terjadi, maka timbul pertanyaan: Apa bedanya kurikulum yang sekarang dengan kurikulum 2013…? Dalam perencanaannya saja belum mampu menonjolkan sikap, apalagi pelaksanaan pembelajarannya di kelas. Oleh sebab itu, sebaiknya para instruktur yang memberikan pelatihan tentang kurikulum 2013 lebih memfokuskan pada bagaimana mengintegrasikan sikap dalam pembelajaran, baik dalam merumuskan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran di kelas bahkan sampai pada penilaian dan evaluasinya.
Mengamati beberapa diklat yang di selenggarakan di daerah khususnya untuk mata pelajaran kimia, nampaknya masih belum menyentuh esensi dari kurikulum 2013, dan ini menurut hemat saya akan sangat mengkhawatirkan terhadap keberlangsungan dari kurikulum 2013. Apa yang saya khawatirkan semula (pada post Menilik Sekilas Draf Kurikulum 2013), bahwa bila para instruktur yang mengemban amanah untuk mensosialisasikan tidak dipilih dengan baik (melalui seleksi), maka bisa diprediksikan nasib kurikulum 2013 tidak berbeda dengan nasib kurikulum-kurikulum sebelumnya, yaitu hanya bagus pada tataran konsep namun nihil dalam tataran implementasi. Demikian pula, daerah yang menyelenggarakan diklat kurikulum 2013 sebaiknya benar-benar memilih instruktur yang memang sudah mememiliki wawasan dan pengetahuan yang baik tentang kurikulum 2013 dan implementasinya. Jika tidak, maka dapat dipastikan para guru peserta diklat tidak akan memahami dengan baik kurikulum tersebut bahkan mereka cenderung semakin bingung. Ini akan memberikan konstribusi terhadap kegagalan kurikulum 2013. Apalagi selama diklat, mereka (para guru peserta) tidak dibekali dengan berlatih menyusun perencanaan dan membelajarkannya di kelas. Insya Alloh…. hal tersebut tidak akan terjadi, jika pihak-pihak terait menyadarinya.
Mendengar dan menyimak kebungungan teman-teman guru kimia terhadap kurikulum 2013 dan implementasinya, meskipun mereka katanya telah mengikuti pelatihan, saya berusaha untuk memberikan sedikit pencerahan apa yang saya ketahui, meskipun saya sadar betul bahwa tingkat pengetahuan saya masihlah dangkal. Mudah2an tulisan-tulisan saya yang terkait dengan kurikulum 2013 dapat memberikan sedikit wawasan dan pengetahuan untuk dijadikan acuan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.
Sebenarnya tak perlu risau dengan implementasi dari kurikulum 2013, karena dalam rangka pelaksanaan kurikulum 2013, pemerintah melalui Kemendikbud RI telah menerbitkan peraturan baru tentang Implementasi Kurikulum yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013. Dalam peraturan ini memuat pedoman-pedoman dalam melaksanakan/mengimplementasikan kurikulum 2013. Pedoman-pedoman tersebut tercantum dalam Lampiran permendikbud-nomor-81a-tahun-2013-tentang-implementasi-kurikulum, yang memuat pedoman-pedoman mulai dari perencanaan sampai pada evaluasi, yaitu:
1. lampiran-i-pedoman-pengembangan-kurikulum-tingkat-satuan-pendidikan;
2. lampiran-ii-pedoman-pengembangan-muatal-lokal;
3. lampiran-iii-pedoman-kegiatan-ekstrakurikuler;
4. lampiran-iv-pedoman-umum-pembelajaran; dan
5. lampiran-v-pedoman-evaluasi-kurikulum.

Silahkan di download dan dipelajari untuk memandu kita dalam melaksanakan kurikulum 2013. Selanjutnya, saya share silabus kimia kelas X, XI, dan XII untuk digunakan sebagai acuan dalam penyusunan RPP. Teknik penyusunan RPP bidang studi kimia telah saya jelaskan pada post sebelumnya (disini).
Ingin download silabus kimia kurikulum 2013…? Silahkan klik link berikut:
1. silabus-kimia-sma-kls-x-12mei-2013-1-tahun
2. silabus-kimia-sma-kls-xi-12mei-2013-1-tahun
3. silabus-kimia-sma-kls-xii-12mei-2013-1-tahun

Selamat melaksanakan kurikulum 2013. Ingat bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran di kelas sebaiknya menggunakan scientific approach (mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menalar, menganalisis, dan menympulkan). Oleh sebab itu, dalam pembelajaran kimia, sebaiknya dilakukan melalui pemanfaatan kegiatan demonstrasi atau eksperimen atau mengunakan media (baik statis maupun dinamis, sepeti gambar visual, animasi, video, grafik, dsb). Untuk itu, nampaknya model pembelajaran SiMaYang cocok dengan pendekatan tersebut. Kesulitan terhadap pelaksanaan kegiatan demonstrasi atau eksperimen dengan alasan keterbatasan alat dan bahan, dapat diatasi dengan memanfaatkan percobaan-percobaan sederhana, sebagai contoh lihat post saya sebelumnya (percobaan sederhana: Pembakaran Wol Besi). Pelaksanaan pembelajaran kimia dengan mengintegrasikan sikap (karakter), keterampilan, dan pengetahuan dapat Anda baca pada post-post saya sebelumnya atau silahkan baca buku: SERBA-SERBI MENGAJARKAN KIMIA DENGAN IMAJINASI, MENYENANGKAN, DAN BERKARAKTER (Pesona Kimia – 1). Dalam buku tersebut juga diberikan beberapa percobaan-percobaan kimia sederhana dan percobaan kimia untuk permainan dan contoh-contoh pembelajaran yang berkarakter untukm pembentukan sikap (KI 1 dan KI 2).

Demikian sekilas uraian saya, mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan, bila ada yang tidak tepat mohon kritikannya sebagai bekal dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan.
GURU ADALAH PEMBINA BANGSA DAN PENJUNJUNG TINGGI MARTABAT NEGARA….!!!


Responses

  1. Assalammualaikum….Pa sunyono, boleh saya minta RPP kelas X utk kurikulum 2013? Terimakasih

    • Untuk contoh RPP kelas X silahkan download saja di postingan saya sebelumnya pada judul: Bagaimana merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kimia (Kurikulum 2013). Silahkan download pada link di bagian bawah dari postingan tersebut.

  2. Pak Sunyono, terimakasih atas bantuannya tempo lalu, sekarang saya udah wisuda karena dapat menyelsaikan skripsi tentang pembelajaran simayang yg bapak temukan..

  3. Sama2 Subhan… Saya juga sangat berterimakasih Anda sudah mengaplikasikan model yang saya kembangkan. Jika boleh, saya minta skripsinya untuk saya taruh di referensi (ruang baca) di tempat saya. Mudah2an bisa menjadi inspirasi yang lain.

  4. Jika boleh, saya minta skripsinya untuk saya taruh di referensi (ruang baca) di tempat saya. Mudah2an bisa menjadi inspirasi yang lain.

    • Kok Copas… apa maksudnya?

  5. Assalammualaikum….Pa sunyono,bagaimana memperoleh buku SERBA-SERBI MENGAJARKAN KIMIA DENGAN IMAJINASI, MENYENANGKAN, DAN BERKARAKTER (Pesona Kimia – 1). ??? apakah beredar di setiap toko buku??


Tinggalkan Balasan

Kategori

