BIOENERGITIKA PADA ATP (ADENOSIN TRIPOSFAT)

DRS. SUNYONO, M.Si. (FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG)

Biokimia, seperti namanya, adalah kimia dari makhluk hidup. Oleh karena itu biokimia menjembatani antara ilmu kimia dengan ilmu biologi, ilmu yang mempelajari tentang struktur dan interaksi sel dan organisma. Oleh karena makhluk hidup tersusun dari molekul yang sangat kecil, kehidupan, pada level dasar, merupakan fenomena biokimia. Meskipun makhluk hidup sangat beraneka ragam, mereka menunjukkan kemiripan dalam biokimia. Misalnya, informasi genetik dikode dan diekspresikan dalam cara yang hampir sama pada semua sel. Lebih lanjut, serangkaian reaksi biokimia yang dikenal dengan jalur metabolisma, begitu juga dengan enzim yang mengkatalisisnya, hampir sama pada seluruh organisma.

Bioenergetika atau termodinamika biokimia memberikan prinsip dasar untuk menjelaskan mengapa sebagian reaksi dapat terjadi sedangkan sebagian yang lain tidak. Sejumlah sistem non biologik dapat menggunakan energi panas untuk melaksanakan kerjanya, namun sistem biologi pada hakekatnya bersifat isotermik dan memakai energi kimia untuk memberikan tenaga bagi proses kehidupan.
Prinsip reaksi oksidasi reduksi yaitu reaksi pengeluaran dan perolehan elektron berlaku pada berbagai sistem biokimia dan merupakan konsep penting yang melandasi pemahaman tentang sifat oksidasi biologi. Ternyata banyak reaksi-reaksi oksidasi dalam sel hidup dapat berlangsung tanpa peran molekul oksigen.

BAGAI MANA DETIL PEMBAHASAN BIOENERGITIKA PADA ATP, BUKA DAN DOWNLOAD FILE INI: BIOENERGETIKA ATP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: